Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan

Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan - Salam Sejahtera Sobat Resep Sate, Pada ulasan yang sedang Anda baca kali ini dengan judul Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan, Kami telah menyediakan artikel seputar RESEP MASAKAN DAN MAKANAN atau cara memasak dan mengolah makanan untuk Anda pahami.Semoga saja ulasan Resep dalam postingan Resep ANEKA SAYUR MAYUR, Resep Terbaru, yang Kami sajikan ini bermanfaat bagi Anda. baiklah, Selamat menikmati.

Judul : Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan
link : Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan

Baca juga


Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan

 cara lain memasak jantung pisang dengan kuah tanpa santan bisa mencoba resep sayur jantun Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan
Pantangan makan bersantan, cara lain memasak jantung pisang dengan kuah tanpa santan bisa mencoba resep sayur jantung pisang yang gurih dan benar-benar yummy kali ini. Merebus jantung pisang (onthong bahasa Jawa) sebelum diolah, merupakan tips sederhana para ibu rumah tangga biar jantung pisang tidak pahit, bahkan jikalau perlu penggalan jantung pisang sanggup direndam dengan air garam sebelum direbus. Membiarkannya dahulu sesudah dipotong dari pohon juga termasuk cara gampang mengeluarkan getah dengan sendirinya.

Seperti diketahui bahwa jantung pisang mengandung getah yang cukup berasa pahit di lidah. Selain dengan cara merebus di awal, mengolahnya menjadi kuliner bersantan menyerupai gulai, kari, opor sampai tumis pedas atau kuliner yang kaya bumbu rempah lainnya juga merupakan cara mengakali supaya jantung pisang semakin sedap disantap.

Bunga pisang yang sering dikenal dengan sebutan jantung ini sudah dikonsumsi dari zaman dahulu, baik sebagai hidangan makan maupun pengobatan alternatif. Beberapa studi mengambarkan bahwa jantung pisang ternyata memang kaya akan kandungan nutrisi serta keuntungannya bagi kesehatan, termasuk bagi ibu menyusui untuk meningkatkan produktivitas ASI.

Yang tak kalah menarik, menjawab mitos seputar jantung pisang. Hasil analisis dari fakultas kedokteran Unpad justru dianjurkan juga mengkonsumsi jantung pisang bagi ibu hamil, alasannya ialah bisa mengatasi duduk kasus anemia, mengurangi pendarahan sampai mempercepat penyembuhan luka persalinan.

Bahan Bumbu Sayur Jantung Pisang

  • 1 buah jantung pisang
  • 1 batang serai/sereh, kupas kulit luar kemudian geprek
  • 2 cm lengkuas/laos digeprek
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 400 ml air
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • ½ kaldu debu atau sesuai keinginan
  • Secukupnya minyak untuk menumis bumbu
Bumbu yang diulek halus :
  • 2 buah cabai merah besasr
  • 4 butir kemiri
  • ½ sdt ketumbar
  • ¼ sdt pala
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir bawang merah
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat Sayur Jantung Pisang

  1. Buang atau kupas kulit luar jantung pisang yang berwarna merah gelap sampai ketemu warna putih atau kekuningan, bisa dibelah dua atau empat tergantung ukuran serta basuh bersih. Setelah itu rebus dalam air secukupnya hingga empuk (tusuk-tusuk untuk mengeceknya), kemudian angkat dan tiriskan kemudian potong-potong sesuai selera serta.
  2. Panaskan sedikit minyak tumis dalam wajan, masukkan bumbu halus, daun jeruk, daun salam, serai serta lengkuas kemudian aduk-aduk sampai harum.
  3. Tuang air kemudian masukkan penggalan jantung pisang yang sudah direbus tadi selanjutnya masak sampai mendidih. Beri garam, gula dan kaldu debu serta sesuaikan rasanya, berikutnya masak sampai semuanya matang, sayur jantung pisang siap untuk dihidangkan.
loading...


Demikianlah Artikel Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan

Sekianlah Postingan Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat Bagi Kita. baiklah, sampai jumpa di postingan lainnya diblog kumpulan Cara ini.

Anda sekarang membaca Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan dengan alamat link https://resepsate.blogspot.com/2018/05/resep-sayur-jantung-pisang-kuah-gurih.html

0 Response to "Resep Sayur Jantung Pisang Kuah Gurih Tanpa Santan"

Post a Comment

loading...
Cara Melipat Gandakan Keuntungan Bisnismu Dengan SUPER CEPAT! di ,, Tools Para Dropshipper pelajari di sini ,, Tools untuk menghasilkan Dollar $30 per hari dari Facebook, Cek di sini : ,, Cara Gampang Tingkatkan Omset Jualan di Instagram di : ,, Aplikasi Marketing Instagram : Mudah, Murah, Efektif, Full Otomatis, SUPER AMAN di sini :